Wednesday, November 05, 2008

Obama Menang, Siapa Kenal Obama?

Saya tak ingat apakah saya tahu siapa Presiden Amerika Serikat waktu itu. Tapi, ketika saya tanyakan kepda sekelompok anak Sekolah Dasar di Bogor, Jawa Barat --yang semuanya berada di mobil antar-jemput dan berbincang-bincang dengan gaduhnya--ternyata mereka semua kenal Barack Obama.

"Siapa kenal Barack Obama?"

"Saya! Saya! Saya!" kata mereka berebutan.

"Siapa dia?"

"Calon Presiden Amerika Serikat" jawab mereka kompak.

Mungkin mereka mengenal Obama karena ramainya pemberitaan dia di media massa Indonesia.  Tapi, yang pasti, Obama kini sudah terpilih jadi presiden.

Ups, belum resmi sih. Dewan Pemilih (sekumpulan wakil pemilih dari setiap negara bagian) akan berkumpul pada 15 Desember untuk secara resmi memberikan suara kepada kandidat presiden. Lalu, sang presiden akan dilantik pada 20 Januari 2009.

Lho, lantas apa artinya suara rakyat Amerika yang mencoblos kemarin? Ada dong. Itulah keunikan pemilihan umum tidak langsung di sana.

Coba deh baca-baca di sini:

Tanya-jawab soal Dewan Pemilih (Electoral College) di BBC
Serba-serbi Pemilu AS di Wikipedia

Hasil lengkap pemilu bisa lihat di sini:
CNN







1 comment:

  1. cek http://punyaferly.multiply.com/journal/item/19/DINAMIKA

    artikel anda dijiplak mentah2..

    ReplyDelete

Searching...

Custom Search