Friday, June 15, 2001

Air Mata Kemanusiaan dalam Festival Film Human Right Watch

Koran Tempo, 15 Juni 2001

FILM itu dibuka dengan gambaran yang menyedihkan: tubuh Patrice Lumumba, pemimpin politik legendaris Afrika, bersama mayat dua pendampingnya dibakar oleh dua serdadu Belgia di suatu malam yang berangin dan jauh dari siapa pun.

Lumumba karya sutradara Haiti, Raoul Peck, jadi sebuah film realistik yang merekam sang tokoh, dari awal kehidupannya hingga sang aktivis menjadi pemimpin populer di Stanleyville (sekarang Kisangani), Kongo, Afrika.



Peristiwa-peristiwa sejarah yang kompleks terpancar dari kilasan-kilasan film sepanjang dua jam itu. Wajah-wajah tokoh-tokoh besar berkelebat di sana-sini, seperti Presiden Eisenhower, Presiden Kennedy, Sekjen PBB Dag Hammarksjold, Ernesto "Che" Guevara.

Bisa dimaklumi, bila film Peck ini mendapat banyak penghargaan dalam perfilman dan dihormati dalam setiap festival. Film ini pernah meraih Runner up Film Terbaik dalam Milan African Film Festival 2001 dan Paul Robeson Award pada Ouagadougou Panafrican Film and Television Festival 2001. Kedua penghargaan itu diberikan kepada Peck.

Kini, film itu tengah diputar kembali dalam Human Rights Watch Film Festival ke-12 yang berlangsung dari 13-28 Juni, di New York, AS. Di sana, Peck kembali menerima penghargaan Irene Diamond Lifetime Achievement Award atas pengabdiannya pada perjuangan Hak-hak Asasi Manusia.

"Inilah satu-satunya festival yang kami dapat harapkan suatu hari nanti tak akan diperlukan lagi," kata Peck atas penghargaan yang diterimanya pada Gala Opening di Alice Tully Hall. Namun, festival ini, katanya, adalah "sebuah forum yang perlu bagi ekpresi pembuat film dari seluruh dunia".

Festival ini resmi dibuka Jumat lalu dengan pemutaran perdana film Jung: In The Land Of The Mujaheddin. Film ini dibikin para seniman film Italia, Alberto Vendemmiati, Fabrizio Lazzaretti, dan Giuseppe Pettito. Ketiganya mendapat Nestor Almendros Prize lewat film dokumenter tentang rumah sakit Afganistan yang diancam kekuasaan Taliban itu.

Film Promises karya B.Z. Goldberg, Justine Shapiro, dan Carlos Bolado diputar pula. Film ini adalah potret Jerusalem dan lingkungannya yang dilihat melalui sudut pandang yang jelas dari tujuh anak-anak dan keluarga mereka.

Film ini secara mendasar merupakan studi tentang indoktrinasi. Baik orang Palestina maupun Israel, kebanyakan tokoh di sana masing-masing mengakui bahwa pihak merekalah yang benar.

Selain itu diputar pula 38 film and video dari 15 negara. Sejumlah film memfokuskan diri pada situasi Timur Tengah. Dari Lebanon hadir Around the Pink House, sebuah drama komedi tentang pasca perang. Film The Closed Doors dari Mesir bersetting pada masa Perang Teluk dan mengungkap luka psikologis yang dialami anak-anak muda Islam. Girl in the Sneakers karya Rassul Sadr Ameli dari Iran adalah sebuah film yang disebut-sebuat sebagai "Romeo dan Juliet"-nya orang Iran. Pada saat penutupan, diputar video dokumenter karya Sandi Simcha Dubowski, Trembling Before G-D. Film ini tentang kehidupan lesbian dan dan gay.


Biografi Lain Lumumba

Berdasarkan kisah nyata politikus Afrika legendaris, Patrice Emery Lumumba, film Lumumba mengungkapkan bagaimana kekuatan Eropa dan Amerika bertarung secara diam-diam untuk mengambil hati pemimpin idealis Afrika yang berupaya menyatukan Afrika yang terbelash-belah.

Berbeda dari biografi biasa, Lumumba karya Raoul Peck ini tidak terlalu menekankan sisi pribadi sejarah hidup sang tokoh, tapi pada peristiwa-peritiwa kunci dalam sejarah. Peck rupanya mengungkapkan sang tokoh dari sudut lain dari film dokumenter bertema sama yang pernah dibikinnya di tahun 1992, Lumumba: Death of a Prophet.

(Kurniawan)

Filmografi Raoul Peck

Lumumba (2000)
Corps plongés (1998) (TV)
Chère Catherine (1997)
Desounen: Dialogue with Death (1994)
Haiti - Le silence des chiens (1994)
Homme sur les quais, L' (The Man by the Shore) (1993)
Lumumba: La mort du prophète (Lumumba: Death of a Prophet) (1992)
Haitian Corner (1987)
Merry Christmas Deutschland (1984)

No comments:

Post a Comment

Searching...

Custom Search